SHOPPING CART

close

5 Tips Mengembangkan Usaha Aqiqah agar Sukses

Makanan Aqiqah: Gulai Kambing

Bagi pemilik usaha Aqiqah tentu ingin tahu cara mengembangkan usaha Aqiqah, terutama bagi mereka yang baru memulai menjalankan usaha ini.

Bagi yang belum tahu, Aqiqah termasuk ke dalam ibadah dan juga tradisi yang dijalankan umat Islam untuk memperingati kelahiran sebuah bayi dengan cara mengorbankan kambing untuk dijadikan masakan dan dibagikan kepada kerabat, tetangga, ataupun saudara.

Karena tradisi ini masih banyak dilakukan, terutama di kampung-kampung. Ada sebagian orang yang memanfaatkan peluang ini dengan menyediakan paket Aqiqah, sehingga bagi yang tidak ingin kerepotan atau sedang sibuk, cukup memesan paket Aqiqah. Karena untuk menyiapkan Aqiqah banyak hal yang harus disiapkan, mulai dari memilih kambing, menyembelihnya, mengolahnya menjadi makanan, hingga menyiapkan bungkus.

Tips Mengembangkan Usaha Aqiqah

Jika anda adalah pemilik usaha Aqiqah dan ingin mengembangkan usahanya, simaklah beberapa tips berikut ini.

1. Lokasi strategis

Lokasi usaha akan menentukan keberlanjutan usaha Anda. Banyak pengusaha tidak dapat berkembang karena kesalahan ketika memilih lokasi komersial. Beberapa kriteria untuk lokasi yang cocok untuk usaha aqiqah anda meliputi:

  • Lokasi berada di tepi jalan yang ramai
  • Lokasi harus memiliki tempat di mana Anda dapat menunjukkan 1-2 sampel hewan yang dapat dipilih konsumen
  • Pilih lokasi di dekat padang rumput dan jauh dari pemukiman

2. Kolaborasi dengan pemasok kambing yang baik

Anda bisa mendapatkan harga kambing yang lebih murah langsung dari peternak kambing atau berkolaborasi dengan peternak kambing di daerah Anda. Dengan begitu Anda tidak akan kehabisan stok kambing. Selain itu, harga anakan kambing tentunya akan lebih murah. Hanya perlu beberapa bulan bagi kambing untuk siap menjadi hewan aqiqah.

3. Tenaga kerja yang andal

Salah satu hal terpenting dalam usaha adalah kehadiran tenaga kerja. Anda tidak bisa melakukan semuanya sendiri. Ada dua jenis tenaga kerja yang harus Anda rekrut: tenaga kerja kantor dan tenaga kerja lapangan. Tenaga kerja kantor akan mengurus semua kebutuhan dan semua bentuk operasi kantor. Sementara tenaga kerja lapangan memiliki tugas untuk merawat hewan-hewan aqiqah. akan sangat berbahaya jika hewan Anda tumbuh kurus dan sakit. Hal ini akan merugikan usaha Anda.

4. Catering Aqiqah

Anda juga bisa menyediakan katering aqiqah sehingga konsumen tidak perlu repot mengolah daging aqiqah. Untuk menggabungkan usaha ini, Anda harus merekrut koki yang handal. Sehingga nantinya usaha aqiqah anda lebih dikenal dan direkomendasikan oleh pelanggan anda.

5. Strategi promosi

Ada banyak alat promosi seperti memasang spanduk, membagikan brosur atau promosi online. Namun, promosi yang tidak kalah efektif adalah promosi dari mulut ke mulut. Buat promosi seunik dan semenarik mungkin untuk menarik minat pelanggan potensial. Dan jangan lupa untuk selalu melakukan riset pasar agar Anda tahu kisaran harga yang bisa Anda tetapkan.

Mengembangkan Usaha Aqiqah dengan Website

Website usaha Aqiqah

Mengembangkan usaha Aqiqah dengan website termasuk ke dalam strategi promosi sebelumnya. Strategi promosi usaha Aqiqah dengan website bisa menjadi alternatif atau tambahan yang peluangnya cukup besar. Karena website memiliki jangkauan yang lebih luas sehingga bisa meningkatkan usaha Aqiqah secara pesat. Tentu, ada banyak hal yang harus dilakukan dan membutuhkan banyak waktu juga.

Berikut adalah keuntungan memiliki website bagi usaha Aqiqah anda:

  • Menghemat biaya promosi (dibandingkan promosi offline)
  • Usaha Aqiqah lebih profesional
  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan
  • Mendapat pesanan secara online
  • Memiliki potensi besar ke depannya
  • Tentunya meningkatkan omzet
  • Dan lain-lain

Membuat website untuk usaha Aqiqah tidak hanya sebagai promosi untuk mengembangkan usaha Aqiqah anda tetapi juga seperti mendirikan usaha online baru, sehingga harus diupayakan dengan sungguh-sungguh agar usaha “Aqiqah Online” anda bisa sukses.

Itulah beberapa tips mengembangkan usaha Aqiqah, semoga bisa segera diterapkan dan dapat meningkatkan usaha dan profit anda. Jika anda membutuhkan website Aqiqah, anda bisa menggunakan Jasa Pembuatan Website Aqiqah kami.

Tags:

0 thoughts on “5 Tips Mengembangkan Usaha Aqiqah agar Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published.