SHOPPING CART

close

Keuntungan Memiliki Toko Online vs Toko Konvensional

Saat ini, toko online merupakan salah satu cara yang cukup populer untuk menjual suatu produk. Banyak sekali kemudahan dan keuntungan yang dimiliki toko online dibanding toko konvensional atau fisik. Bagi anda yang ingin memulai usaha baru namun bingung ingin menjalankan usahanya melalui toko online atau toko konvwnsional berikut kami bahas keuntungan dan kekurangannya.

Pengertian Toko Online

Toko online adalah sebuah website yang didesain khusus untuk menjual berbagai macam barang/produk secara online. Toko online memiliki berbagai macam fitur yang memudahkan pengunjungnya untuk membeli barang yang diinginkannya, seperti fitur keranjang, daftar produk/katalog, informasi mengenai produk, fitur pembayaran online, dan masih banyak lagi.

Salah satu fitur toko online yang mudah sekali untuk ditemui adalah daftar barangnya, anda akan menjumpai berbagai macam barang di setiap sudut toko online.

Kelebihan toko online dibandingkan toko konvensional

1. Cepat dan murah dalam proses pembuatannya

Toko online lengkap dengan produk-produknya bisa dibuat hanya dalam waktu 1 hari. Untuk biaya pembuatannya, anda hanya perlu membayar biaya hosting, domain, dan template. Jika tidak ingin repot-repot anda bisa menggunakan jasa pembuatan toko online kami.

2. Mudah & minim biaya pengelolaannya

Anda hanya perlu menyewa 1 orang tenaga IT untuk mengoperasikan dan merawat toko online anda, jika anda ingin lebih murah anda dapat mengelolanya sendiri. Untuk biaya tahunan hanya dikenakan biaya untuk memperpanjang domain dan hosting, biasanya 300 ribuan.

3. Bisa diakses oleh seluruh pengguna internet dengan mudah

Toko online anda dapat diakses dengan mudah kapan dan dimana saja oleh seuruh pengguna internet di seluruh dunia dengan menggunakn smartphone atau komputer/laptop.

4. Pengunjung tidak perlu repot-repot datang langsung ke tempat

Mulai memilih-milih barang, bertanya kepada toko, hingga melakukan pembayaran semuanya dapat dilakukan di rumah anda sendiri.

5. Transaksi bisa dilakukan hanya dari komputer atau smartphone

Jika anda memiliki M-Banking atau Internet Banking maka anda bisa membayar barang belanjaan anda hanya dari aplikasi atau website.

6. Memiliki potensi untuk berkembang dengan pesat

Jika dikelola dengan sungguh-sungguh toko online dapat berkembang dengan pesat, jangkauannya yang lebih luas membuat toko online memiliki potensi untuk berkembang dengan sangat besar.

7. Harga barang biasanya lebih murah

Dalam dunia toko online cukup ketat persaingannya, sehingga pemilik toko online berlomba-lomba untuk memberikan harga terbaik.

Kekurangan toko online dibandingkan toko konvensional

1. Pembeli dikenai biaya ongkos kirim baranag,

2. Karena pembeli hanya dapat melihat produk dari foto maka sering terjadi kesalahan pemilihan barang, bisa saja barang yang terliha di foto tidak sama dengan barang aslinya.

3. Diperlukan tenaga khusus untuk membentuk toko online, tidak bisa sembarang orang awam karena dibutuhkan pengetahuan dibidang tekhnologi.

4. Tngakat kepercayaan pembeli rendah karena tidak keberadaan toko online tidak terlihat secara fisik.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki toko online dibandingkan toko konvensional, semoga dapat membantu anda yang akan mendirikan toko online

Terlepas dari beberapa kekurangnnya, toko online menawarkan peluang usaha dengan lebih mudah, minim resiko, serta minim biaya.

Hal yang paling penting dalam membangun toko online adalah kepercayaan dan kepuasan pelanggan, jika kedua hal tersebut dapat dipenuhi, potensi keuntungan yang sangat besar menanti.

Jika anda memiliki ide toko online yang menarik dan menguntungkan, kami bisa membantu anda dengan menawarkan jasa pembuatan toko online, dapatakan toko online anda sendiri dengan murah, cepat, dan profesional!

Tags:

0 thoughts on “Keuntungan Memiliki Toko Online vs Toko Konvensional

Leave a Reply

Your email address will not be published.