SHOPPING CART

close

Tips Bisnis Usaha Oleh-Oleh Khas Daerah

Bakpia Jogja (sumber: dictio.id)

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki makanan daerahnnya sendiri. Bagi mereka yang berjiwa pengusaha, hal ini bisa dijadikan peluang bisnis dengan membuka toko oleh-oleh / makanan ringan khas daerah.

Jika anda tinggal di tempat sekitar kawasan pariwisata atau bahkan daerah yang sering dilewati orang yang masuk dan pergi antar daerah, anda dapat memanfaatkan kondisi ini untuk mewujudkan ide bisnis makanan / oleh-oleh khas daerah.

Salah satu keuntungan membuka usaha ini adalah kemudahan menemukan persediaan oleh-oleh. Anda hanya perlu membuat oleh-oleh yang diproduksi di daerah anda. Tidak perlu pusing-pusing memikirkan apa yang harus dijual dan darimana anda mendapatkannya.

Peluang usaha oleh-oleh khas daerah ini cukup prospektif. Karena selisih harga modal dan produk jadi biasanya cukup tinggi. Selain lokasi yang strategis, berikut adalah beberapa tips yang akan membantu meningkatkan usaha oleh-oleh khas daerah anda.

1. Harus memiliki ciri khas daerah

Ada satu hal penting yang harus anda perhatikan dan yang tidak boleh dihilangkan ketika membuka usaha ini, yaitu tidak membuang ciri khas daerah. Karena hal inilah yang membuat usaha ini unik dibandingkan dengan usaha oleh-oleh lain. Serta, banyak orang yang sengaja mencicipi makanan khas daerah karena penasaran dengan rasanya.

2. Tambahkan sedikit sentuhan modern

sumber: jadiberita.com

Makanan ringan khas daerah tidak berarti selalu terlihat tradisonal, tetapi dapat diberikan sentuhan modern untuk menambah kualitas penampilan agar lebih menarik dan meningkatkan nilai jual, seperti menawarkan varian rasa yang cukup populer seperti keju, cokelat, dan sebagainya, serta desain kemasan juga bisa disesuaikan.

3. Bekerjasama dengan biro perjalanan & wisata

Salah satu strategi pemasaran yang perlu anda terapkan untuk meningkatkan jumlah pelanggan adalah bekerja sama dengan biro perjalanan & wisata. Dengan cara ini mereka akan mengarahkan wisatawan yang ingin mencari oleh-oleh ke tempat anda. Selain itu, biro perjalanan juga bisa memasukkan produk anda ke dalam paket jasa yang mereka miliki.

4. Meng-endorse seseorang yang terkenal di media sosial

Selain bekerja sama dengan brio perjalanan & wsiata, anda juga dapat berkolaborasi dengan akun-akun yang terkenal di media sosial.

Anda dapat meng-endorse mereka untuk mengiklankan produk anda. Metode ini cukup efektif untuk meningkatkan penjualan, karena umumnya mereka memiliki banyak pengikut. Sehingga orang-orang yang melihat idola mereka menggunakan suatu produk, pasti akan ikut-ikutan membeli produk tersebut.

5. Konsultasikan dengan para ahli

Jika anda masih kebingunan untuk meningkatkan usaha anda, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan berkonsultasi dengan para ahli dalam bidang bsinis. Orang-orang ini tidak harus bisnis konsultan ataupun bisnis analisis, anda cukup bertanya atau mengobrol dengan para pemilik usaha serupa yang lebih sukses dibanding anda, karena pasti pengalaman mereka tak ternilai harganya.

Usaha Oleh-Oleh Khas Daerah dengan Website

Website usaha oleh-oleh khas daerah

Karena promosi secara online saat ini cukup populer dan mudah untuk melakukannya, anda bisa mencoba promosi online dengan website untuk usaha oleh-oleh khas daerah anda.

Kenapa harus website? Karena website sangatlah cocok untuk usaha ini, dengan website anda dapat membuat website bisnis / toko online anda sendiri yang menjual berbagai produk oleh-oleh khas daerah, termasuk menyertakan alamat & kontak usaha, foto produk, paket harga produk, dan lain-lain.

Website sangat baik untuk perkembangan usaha oleh-oleh daerah jangka panjang. Jika website dikelolah dengan baik secara konsisten, pengunjung akan terus bertambah seiring waktu, sehingga pastinya akan meningkatkan peluang orang-orang yang akan membeli produk, serta memudahkan bagi siap saja yang mencari oleh-oleh khas daerah secara online.

Jika anda membutuhkan Jasa Pembuatan Website Oleh-Oleh, silahkan hubungi kami pada kontak yang tersedia. Info selengkapnya, klik disini.

Tags:

0 thoughts on “Tips Bisnis Usaha Oleh-Oleh Khas Daerah

Leave a Reply

Your email address will not be published.