SHOPPING CART

close

Cara Promosi Usaha Konveksi

Usaha Konveksi (sumber: pabrikbaju.co.id)

Di masyarakat kita, anda dapat menemukan berbagai jenis usaha konveksi. Seperti usaha konveksi jaket, kaus kaki, hijab, kaos distro, jeans, kemeja, pakaian dalam dan usaha konveksi  lainnya. Kebanyakan usaha konveksi rumahan, pekerjannya adalah kerabat, saudara, dan tetangga.

Untuk usaha konveksi skala besar dalam bentuk pabrik yang biasa kita kumpulkan di perkotaan. Jumlah pekerja mencapai ribuan. Dan omset bulanan mencapai miliaran rupiah. Pekerja diambil dari penduduk sekitar yang baru saja lulus SMA. Dan sebagian besar karyawan adalah wanita yang memiliki keterampilan menjahit.

Baik bagi usaha konveksi rumahan ataupun pabrik, salah satu faktor yang menentukan keberhasilan usaha tersebut adalah promosi. Hal ini sangat penting, mengingat persaingan usaha di jaman sekarang semakin ketat, sehingga tips & strategi promosi perlu sekali diterapkan untuk mempermudah meningkatkan usaha konveksi.

Berikut ini adalah beberapa cara promosi usaha konveksi yang bisa anda coba:

1. Dengan flyer, pamflet, atau brosur

Opsi strategi pemasaran pertama yang dapat dilakukan adalah menyebarkan selebaran / flyer, pamflet, atau brosur tentang usaha konveksi anda. Jelaskan dengan jelas usaha dan produk yang anda tawarkan, alamat usaha anda, manfaat menggunkan jasa & produk anda, atau, jika perlu, keunggulan usaha konveksi anda dengan usaha konveksi lainnya. Bagikan selebaran / pamflet / brosur di area yang ramai, seperti kantor, sekolah, atau instansi pemerintahan.

2. Dari mulut ke mulut

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar dari orang merasa lebih terpengaruh ketika mereka mendengar promosi dari omongan orang lain daripada dengan melihat selebaran atau poster, oleh karena itu, anda dapat meminta bantuan orang-orang terdekat anda untuk mempromosikan usaha konveksi anda kepada orang lain yang membutuhkan.

3. Sosial Media

Di era Internet ini, jejaring sosial bisa menjadi strategi promosi yang cocok untuk hampir semua usaha termasuk usaha konveksi. Melalui jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram, anda dapat menarik perhatian pelanggan potensial dengan membuat sebuah akun dan menyebarkan jasa & produk anda kepada pengguna sosial media.

4. Promosi penjualan

Salah satu upaya yang biasa dilakukan oleh sebuah usaha untuk meningkatkan pelanggan adalah dengan menyediakan promo-promo atau diskon untuk jasa dan produk yang mereka miliki. Dengan menyediakan promo, pelanggan akan lebih tertarik untuk memesan jasa dan produk yang anda miliki. Hal ini bisa dilakukan untuk jangka pendek.

5. Sponsor

Penghasilan tertinggi dari usaha konveksi adalah jika menerima pesanan dalam jumlah besar dari sebuah sekolah, universitas, komunitas atau perusahaan. Oleh karena itu, nama bisnis konveksi anda harus dikenal di lingkungan itu, cara termudah untuk diketahui adalah degan menjadi sponsor di suatu acara yang berkaitan dengan komunitas-komunitas tersebut.

6. Promosi Usaha Konveksi dengan Website

Website usaha konveksi

Karena promosi secara online saat ini cukup populer dan mudah untuk melakukannya, anda bisa mencoba promosi online dengan website untuk usaha konveksi anda.

Kenapa harus website? Karena website sangatlah cocok untuk usaha ini, dengan website anda dapat membuat company profile yang menjelaskan tentang perusahaan konveksi anda, termasuk produk-produk yang disediakan, alamat & kontak perusahaan, foto produk, proses kerja, dan lain-lain.

Website bukanlah metode yang cepat untuk mempromosikan usaha konveksi, namun website sangat baik untuk perkembangan usaha konveksi jangka panjang. Jika website dikelolah dengan baik secara konsisten, pengunjung akan terus bertambah seiring waktu, sehingga pastinya akan mudah ditemukan oleh siap saja yang membutuhkan jasa konveksi melalu internet atau google.

Jika anda membutuhkan Jasa Pembuatan Website Konveksi, silahkan hubungi kami pada kontak yang tersedia. Info selengkapnya, klik disini.

Tags:

0 thoughts on “Cara Promosi Usaha Konveksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.